Sabtu, 24 Juli 2010

Reflexi Hari Isr’a M’iroj

Reflexi Hari Isr’a M’iroj

Oleh :

Abdul Mu’id














Penulis adalah,Dosen STAI Ar-Rosyid Surabaya,Ks.SMP Al-Furqon

Driyorejo Gresik,serta Pengamat Dunia Pendidikan,Calon Kandidat

Doktor IAIN Sunan Ampel Surabaya.


Isr’a Mi’roj Sejatinya adalah sebuah perjalanan yang suci dalam sejarah perjalanan Ummat Islam seluruh Dunia memperingatinya.(Surat Al-Israa’:15:1)Sabagai suatu peristiwa yang sangat diagungkan karena Rasul Muhammad telah menerima Wahyu dari Allah swt.yang menjadikan Ummat Islam diseluruh dunia mempunyai pengangan hidup yaitu, sholat sehari semalam lima kali atau disebut lima waktu.


Sebagai seorang Muslim yang taat sudah barang tentu Sholat adalah mengandung hikmah yang tidak bisa diukur secara panca indra,karena indra manusia pasti tidak akan mampu mengukurnya,hanya saja indra manusia akan menerima hikamh yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.seseorang yang taat beribadat sudah barang tentu seorang itu akan terjauhkan dari kemaksiatan dan kemungkaran.Sholatnya akan menfilter dari prilaku jahat manusia tadi,karena ia merasa dosa dan takut akan siksanya.


Karena iti,dewasa ini banyak manusia yang jungkir balik melakukan sholat,tapi maksiatnya masih rajin terus,minuman kerasnya masih sulit dihilangkan,menzinai wanita-wanita dengan gagah karena hartanya banyak,ngapusi dangagannya dengan teatangganya,curang dalam jual beli,curang dalam bermuamalah,nyolong pitie tetangga masih rajin,ngentet timbangan juga hobi,dsb.


Seakan makna sholat itu sirna,sholat,ya sholat,mencuri ya mencuri,korupsi ya korupsi,Haji ya haji ,karena gensi-gensian ,walaupun uangnya hasil mencuri dan korupsi,tapi mari haji ya melebu bui ,itu namanya barokahe haji bisa masuk bui.Apa orang sudah Edan nek ngak edan ora keduman.maka sholatnya orang yang itu belum beres aliyas belum Khusu dan ikhlas.


Sholat bukan ritual saja,sholat banyak mengandung hikmah,antara lain,menyembuhkan penyakit fisik,mengerakkan otot-otot yang kaku,melancarkan peredaran darah,dsb.


Tanda seorang yang sholatnya khusu itu akan tercermin pada tingkah laku yang baik,akhlaqul karimah yang luhur,tutur kata yang lembut,suka beribadah,suka berjiwa sosial,selalu ikhtiar dalam berusaha,selalu tawakkal kepada Allah swt.,mampu mengendalika hawa nafsu ke arah yang baik,bukan yang jelek.


Lima karomah orang yang suka sholat berjamaah adalah mereka tidak akan ditimpa fakir didunia dengan catatan mereka yang shalatnya bagus mereka akan sergep dalam bekerja ,karena shalat disamping mendatangkan rezeki akan membentuk watak disiplin,mereka dihilangkan siksa qubur,catatan amalnya diterimakan tangan kanannya,mereka melewati Whot atau jembatan Sirotol Mustakim bagaikan kilat yang menyambar,dan yang kelima mereka pasti dimasukkan surga Allah tanpa disiksa dan dihisab.

Sholat sebetulnya menguji keseriusan Iman dan taqwa seseorang kepada sang maha Pencipta yaitu ,Allah Swt.Makanya Sholat itu diawali dengan takbiratul Ikhram dan diakhiri dengan salam.Menandakan manusia dalam mengerjakan Sholat itu dengan meletakkan tangan didepan puser ,bagaikan sesorang yang telah menjadi mayat,bukan diwakilkan,tapi sholat itu merupakan ibadah yang Horisontal langsung manusia bisa berkomunikasi dengan Allah swt.Ketika manusia itu mengalami ganguan kesehatan,salah satu contoh,bila manusia tidak bisa sholat dengan berdiri,maka sholatlah dengan duduk,bila dengan duduk tidak bisa ,maka sholatlah dengan cara mereng,bila sholat dengan mereng tidak bisa ,maka sholatlah dengan terlentang,dan bila sholat dengan tertlentang tidak bisa,maka sholatlah dengan pakai Isyarat,bila dengan Isyarat tidak bisa maka ya perlu disholati dan dikubur.


Segala rangkaian amal manusia ditentukan dari baik,dan buruknya sholat sesorang,bila sholatnya baik,maka seluruh amal akan mengikutinya,dan bila sholatnya buruk,maka niscaya seluruh rangkaian amal manusia akan buruk semua.


Maka manusia perlu koreksi diri,agar dalam menjalankan rangkaian ibadahnya dituntun yang maha kuasa Allah swt. Sebab manusia sudah banyak diberi fasilitas oleh Allah swt.yaitu tentang segala kenikmatan,dimulai dari nikmat sehat,panjnag umur,nikmat fisik,nikmat perasaan,nikmatnya telingga,nikmatnya hidung bisa mencium,bau-bauan,mencium istri,nikmatnya,tangan,bisa bergerak,nikmatnya kaki bisa berjalan,nikmatnya rambut bisa dipandang,nikamtnya mata bisa melihat baik, dan buruk,nikmatnya alat kelamain bisa berhungan intim dengan istri,dsb.Manusia tidak akan mampu menghitung kenikmatan Allah dari yang kecil apalagi yang besar.


Sholat akan membawa ketenagan batin,karena manusia yang sholat sudah barang tentu ia mengigat sang pencipta Allah Swt.maka hatinya akan terasa tentram dan aman.Bukan berarti seorang yang taat beribadah lalu ia tidak boleh bekerja,akan tetapi seseorang yang sholatnya rajin biasanya cara kerjanya juga jujur dan semangat baik ada yang mengawasi atau tidak, mereka tetap bekerja seperti biasa.Salah satu ayat yang mengaitkan bahwa seorang yang telah menunaikan sholat,maka cancut tali wondoho lalu mencari rizqi dari Allah swt.(Surat At-Jumat:28:9,10)Beribadah,berikhtiar,dan berdoa itu anjuran Allah swt.Jika seseorang telah menunaikan ibadah sholat,maka bertebarlah dimuka bumi. Untuk mencari Rizqi dari Allah swt.dan anugrah dari allah swt.


Pada suatu ketika Rasul Muhammad saw.mengutus daua orang sahabat Abu bakar As-shiddiq Ra.dan Umar Bin Khattab ra.untuk menyolati mayat salah seorang shahabat,lalu mayat yang baru didatangi keduanya berubah menjadi Hewan celeng,Abu bakar dan Umar tadi kaget seketika itu.Beliau berdua lapor kepada rasullullah Muhammad saw. Ya,Rasul mayatnya si Fulan tadi Berubah menjadi Hewan celeng,bagaimana ya rasul ? “,apa jawab Rasul Muhammad saw”.


Rasul Muhammad saw.datang bersama Abu bakar As-shiddiq dan Umar Bin Khattab ra.,lalu beliau Bertanya kepada anaknya.



Amalan apakah yang dikerjakan bapakmu ketika waktu hidup didunia,apakah ia ngak pernah mengerjakan Sholat?”,Tanyya rasul “.


Apa jawab anaknya,”Iya ya rasul .Bapak ngak pernah melakukan sholat,ia pekerjaannya ngangur terus tapi ngak pernah mau melakukan sholat.”

Akhirnya rasul membuka kafan dan menutup kembali lalu menyolati mayat itu sampai tiga kali tapi wajahnyaTerus berupa hewan celeng.Rasul bilang kepada para shabat “,Lihatlah para shabat siapapun orangnya yang tidak mau melakukan sholat sehari semalam lima waktu ,itu kalau mereka mati wajahnya berubah menjadi Celeng.”!


Wejangan Rasul tadi akhirnya menjadikan para shohabat serba ingin berhati-hati,karena kehidupan di Dunia tidak akan abadi yang abadi,hannyalah Allah Swt.

Maka dalam kehidupan Modern,manusia yang hannya mementingkan kepentingan materi,sementara kekhidupan ukhrowinya sangat kosong,mereka sangat butuh siraman rohani agar hati mereka bisa tumbuh bagaikan tanaman,yang sedang tumbuh-tumbuhnya dan mekar bersama tangkainya,bila hati manusia kering akan kebutuhan rohani ,maka niscaya kehidupan mereka akan hampa.Kehampaan itu nampak tidak hannya di akherat saja ,tapi di Dunia sudah nampak sangat jelas diwajahnya,ketara manusia yang ahli sujud dan tidaknya akan tampak diwajahnya yang kering,karena tidak pernah dibasahi dengan Air Wudlu.Muhammad Rasulullah saw.bersama orang-orang yang bersamanya,keras terhadap orang-orang kafir,tapi beliau punya karakter lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman,karena kelihatan di diwajah mereka ahli ruku dan ahli suduj.(Suarat Al-Fat-h :26:29 ) .


Kalau saja orang sudah terbiasa melakukan shalat,maka shalat bukan sebagai beban akan tetapi shalat sudah merupakan suatu kebutuhan,maka mereka yang mengerjakan akan selalu rindu,dan senang,jika mereka belum melakukannya seakan dalam kehidupan mereka ada sesuatu yang hilang.Itulah ciri-ciri yang sesunguhnya orang yang bertaqwa kepada Allah swt.



Identitas Penulis : Nama lengkap :H.Abdul Mu’id,S.Ag.M.Pd.I

Lahir : Gresik, 11 Nopember 1969

Alamat : Boboh Rt.05 Rw.02 Menganti Gresik Jawa Timur.

No.Hp.o81332260957.No.rekening.Banksyariah mandiri.

An.ABDUL MU’ID,H,S.Ag, M.Pd.I No.2487000482

E-Mail :Abd_muid31@yahoo.co.id.

081332260957.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar